Warna : Atribut Warna

Pada usia 23 tahun, Sir Isaac Newton, menemukan bahwa cahaya putih murni seperti cahaya matahari, terdiri dari beberapa warna yang dapat terlihat, tahun 1666 ia menemukan teori tersebut dengan melewatkan cahaya melalui prisma kaca. Di alam, hal serupa dapat kita temukan pada pelangi yang biasanya muncul setelah hujan.Dari percobaannya itu, ia mengambil kesimpulan adanya beberapa warna pokok yang ada yaitu: merah, orange, kuning, hijau, biru, indigo, dan ungu, walaupun sebenarnya lebih banyak warna yang muncul karena hasil warna dari prisma itu bergradasi dari satu warna ke warna yang lain.

Atribut WarnaDi dunia ini terdapat jutaan warna, tapi warna-warna tersebut hanya dapat dibedakan menjadi beberapa golongan warna. Setiap warna dapat dideskripsikan memiliki 3 atribut utama: Hue, Saturation, dan Brightness.

Hue di identifikasikan sebagai kelompok warna atau nama dari warna itu sendiri seperti; merah, hijau, atau ungu. Hue berhubungan langsung dengan panjang gelombang dari warna itu sendiri.
warna
Saturation disebut juga “chroma” adalah ukuran “kemurnian” dari warna dan seberapa “tajam” dan “tumpul” dari warna tersebut.

Brightness disebut juga Luminasi adalah gelap atau terangnya dari sebuah warna. Seperti halnya; sebuah warna akan terlihat berbeda ketika dalam keadaan remang-remang atau dalam keadaan terang.
hue
Sumber  : http://designworld.master.web.id/  (Pupung Budi Purnama)
Pantone : Where Colors Come From

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: